Kamis, 16 Mei 2013

LAPORAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



LAPORAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah
“PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Dosen Pengampu : Maufur, Dr.







            Di susun oleh:
   Nama                           : Cici Siswanti
Kelas                            : 2 D
NIM                             : 1111 5000 12
Fakultas/jurusan         : FKIP/Bimbingan Konseling

UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Jl. Halmahera KM. 1 Kota Tegal – Telp/Fax (0283) 351082
2011

KATA PENGANTAR

           Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT atas rahmat dan petunjuk- Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah denga judul “ IDENTITAS DIRI “ yang mana makalah ini di susun bertujuan untuk memenuhi tugas dalam menempuh perkuliahan.

          Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi dan sesuai dengan harapan yang di inginkan penulis.

          Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas tentang Identitas diri. dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran, keikhlasan dan terutama pertolongan dari semua pihak yang bersangkutan makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat.

          Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi  sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal. Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna.










DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ................................................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
         A.  Latar Belakang............................................................................................ 4
         B.  Rumusan Masalah....................................................................................... 4
         C.  Tujuan.......................................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN
         A.  Identitas Diri................................................................................................. 5
         B.  Pertumbuhan Fisik...................................................................................... 6
         C.  Perkembangan Psikis.................................................................................. 6
         D.  Analisis.......................................................................................................... 7
BAB III PENUTUP
         A.  Kesimpulan................................................................................................... 8
         B.  Saran............................................................................................................. 8









BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
          Semakin maju suatu masyarakat semakin dirasakan pentingnya identitas diri bagi anak - anak yang beranjak dewasa maka identitas sangat penting untuk pembekalan diri kedepannya.
          Dalam masa kemajuan sekarang ini, setiap sekolah memerlukan beberapa orang tua masing - masing anak akan mendapat identitas pembinaan dari beberapa orang tua yang mempunyai kepribadian dan mentalnya masing - masing setiap orang tua akan mempunyai pengaruh terhadap anak didiknya. pengaruh tersebut ada yang terjadi melalui pendidikan dan pengajaran yang di lakukan dengan sengaja dan ada pula yang terjadi secara tidak sengaja, bahkan tidak di sadari oleh orang tua. Melalui moral dan sikap orang tua akan lebih besar pengaruhnya dari pada kepandaian dan ilmunya, terutama bagi anak didik yang masih dalam usia anak - anak dan masa remaja karena anak didik pada tingkat tersebut masih dalam masa pertumbuhan.

B.     Rumusan Masalah
Dalam makalah ini akan dibahas tentang beberapa hal yaitu :
-          Bagaimana menentukan identitas diri yang lengkap
-          Manfaat identitas diri

C.    Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah :
-          Untuk mendidik serta membimbing anak berdasarkan identitas pribadinya.
-          Untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan anak ketika mempunyai masalah kita bisa mencari informasi melalui identitas pribadinya.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Identitas Diri

Identitas Siswa (anak)

1.          Nama Lengkap    : Tegar Anggara
2.          Jenis Kelamin      : Laki-laki
3.          Tempat tgl lahir   : Brebes, 17 Oktober 2002
4.          Anak ke               : ke 1 dari 2 bersaudara
5.          Umur                   : 10
6.          Agama                 : Islam
7.          Hobi                     : Sempak bola
8.          Cita-cita               : Ingin menjadi atlet sempak bola yang profesional
9.          Sekolah                : SD N 2 Brebes
10.      Kelas                    : 5 (Lima)
11.      Jarak dari tempat tinggal ke sekolah       :  1 km
12.      Perjalanan ke sekolah naik                       : naik sepeda
13.      Nama Orangtua   : Bapak Suhajoh dan Ibu Suharti
14.      Pekerjaan
Ayah                    : Wiraswasta
Ibu                       : Ibu Rumah Tangga





          Setelah saya amati selama 4 bulan dari bulan Maret sampai Juni saya berinisiatif untuk mengamati seorang anak yang bernama Tegar Anggara berusia sekitar 10 tahun. Dan disini saya mengamati anak tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik di rumahnya maupun di sekolahnya, dan saya mendapatkan banyak informasi tentang Tegar dari kedua orang tuanya bahwa sejak di dalam kandungan Ibunya sangat menjaga kesehatan sehingga Tegar di lahirkan dengan normal dan dalam keadaan sehat, Setelah tumbuh dewasa anak ini mempunyai kelebihan yaitu berupa kecerdasan yang di miliki sejak kecil. Sehingga pada usia 6 tahun mendaftarkan ke sekolah atas keinginannya sendiri karena dirinya merasa mampu untuk mengikuti pelajan yang ada di sekolah, semasa mengikuti pelajaran di kelas Tegar merasa antusias untuk belajar seperti membaca dan menulis setelah di amati oleh kedua orang tuanya bahwa anak tersebut sudah bisa membaca buku dengan lancar selama 2 bulan. Setelah beberapa tahun di jalani anak tersebut selalu masuk dalam peringkat 3 besar di kelasnya karena ini semua berkat didikan yang di berikan oleh kedua orang tuanya sehingga Tegar menjadi anak yang cerdas di bidang akademiknya, serta di dalam kehidupan sehari-harinya tegar mempunyai sikap yang baik dan sopan kepada teman-temannya terutama kedua orang tuanya maka Tegar akan melaksanakan dengan senang hati. Disamping itu Tegar mempunyai bakat lain yaitu bermain sempak bola bahkan selalu latihan tiga kali dalam seminggu di lapangan bola bersama pelatih dan teman-temannya. Karena dengan adanya olahraga maka pertumbuhan fisik akan tumbuh berkembang dengan baik serta kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan , jiwa, sosial yang memungkinkan setiap hidup orang produktif secara sosial dan ekonomi. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan dan pengobatan.






B.     Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan fisik adalah perubahan - perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. perubahan - perubahan ini meliputi perubahan ukuran tubuh, perubahan  proporsi tubuh,  serta munculnya ciri - ciri kelamin yang utama ( primer ) dan ciri kelamin dua ( sekunder ) menurut Muss yang di kutip oleh Sarlito Wirawan ( Sarlito, 1991 ).
a.       Pertumbuhan tulang - tulang seperti tinggi badan 110 cm setiap sebulan pasti naik 4 cm, jari - jari tangan dan kaki lengkap masing - masing ada 10, tulang kepala yang sedang, semuanya lengkap dan tumbuh dengan optimal.

b.      Tumbuh bulu - bulu halus di sekitar ketiak saja, hendaknya tidak asing lagi semua orang pasti merasakannya, pertumbuhan bulu halus seperti itu terjadi ketika seseorang beranjak dewasa.

c.       Warna kulitnya coklat, rambut- Nya yang hitam dan halus, mata berwarna hitam dan sedikit besar, giginya rapih, hidungnya sedang,telinganya sedang.

d.      Pita suaranya sedikit berubah yang dulunya suara anak sekarang sedikit ngebass karena dalam masa pertumbuhan.

C.    Perkembangan Psikis
Perkembangan mental dalam psikologis adalah pengetahun yang mempelajari dari pertumbuhan, perkembangan dan perubahan prilaku manusia dari awal sampai akhir. Setelah saya amati anak ini yang benama Tegar Anggara mempunyai perkembangan psikis yang optimal seperti di dalam tingkah laku yang berkembanng sesuai dengan umurnya, misalnya mental dan  kejiwaan yang optimal tingkah laku yang baik terhadap semua orang, emosi yang tak berlebihan apabila terjadi perselisihan, mempunyai sikap yang lemah lembut terhadap semua orang dll. Pembinaan mental marupakan satu cara akhlak manusia agar memiliki pribadi yang bermoral, berbudi pekerti yang luhur dan bersusila sehingga seseorang dapat terhindar dari tercela sebagai langkah penanggulangan timbulnya kenakalan remaja pembentukan sikap pembinaan moral dan pribadi pada umumnya anak mempunyai kepribadian kuat dan sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji semuanya dapat di usahakan melalui penglihatan, pendengaran maupun kelakuan yang di terima dan akan ikut pembinaan pribadinya.
D.    Analisi
Setelah saya amati selama 4 bulan dari bulan Maret sampai Juni ternyata anak yang bernama Tegar Anggara tumbuh kembang sesuai dengan umurnya di sini saya mengamati pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis selama 4 bulan dan hasilnya sesuai dengan kondisi tubuhnya yang masih anak -  anak  menjelang dewasa  seperti pertumbuhan fisik setiap sebulan tubuhnya akan naik sekitar 4 cm itu menandakan bahwa anak ini tumbuh dengan yang optimal dan anggota tubuh lainnya seperti rambut, mata, gigi, telinga, tulang, kulit, tidak mempunyai masalah yang berarti. Sedangkan perkembangan sikis sangat berperan penting dalam tingkah laku anak dalam ke hidupan sehari - hari disini anak yang saya amati mempunyai mental, kejiwaan yang optimal, serta emosi yang tak berlebihan apabila terjadi perselisihan,

Pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis sangat berperan penting dalam masa tumbuh kembangnnya anak yang akan beranjak dewasa serta dengan adanya penelitian maka kita akan mengetahui seberapa optimal anak yang kita amati apakah sesuai dengan umurnya apakah ada kelainan pada anak tersebut maka kita akan mengetahui dengan cara mengidentitas anak tersebut.












BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang sudah di paparkan di atas, kesimpulannya adalah  proses pencarian identitas adalah proses di mana seseorang remaja mengembangkan suatu identitas personal atau yang unik yang berbeda dari orang lain. Dalam psikologi perkembangan, pembentukan identitas merupakan tugas - tugas utama dalam perkembangan kepribadian yang di harapkan tercapai pada akhir  masa remaja. Pembentukan identitas sebenarnya sudah di mulai dari masa anak - anak tetapi pada masa remaja ia menerima dimensi - dimensi baru karena berhadapan dengan perubahan - perubahan, prinsip, kognitif.
Dan perkembangan seseorang juga dapat di pengaruhi oleh faktor intern dan eksteren yang saling mendukung satu sama lain. Pertumbuhan seseorang tidak dapat langsung bisa dilihat akan tetapi melalui tahap - tahap pertumbuhan dan perkembangan.

B.        SARAN
-          Seharusnya setiap anak harus menerapkan identitas diri dimanapun berada.

-           

3 komentar: